October 22, 2020

Hikmah Dan Sebab Terjadinya Gerhana Matahari Dan Bulan.

Sebentar tadi, rakyat di Malaysia berpeluang menyaksikan kejadian alam yang jarang-jarang berlaku, gerhana matahari cincin atau anulus di beberapa tempat di Malaysia. Gerhana ini dikatakan dilihat secara tepat di Tanjung Piai, Johor dan di Serian, Sarawa.

Kali terakhir fenomena alam ini terjadi kira-kira 21 tahun yang lalu di Mersing, Johor pada 22 Ogos 1998.

Alhamdulillah pada sesiapa yang berpeluang menyaksikan fenomena menarik ini yang juga menjadi tanda kebesaran Allah SWT dan pastikan menggunakan alat penuras solar untuk menjaga keselamatan mata.

Juga, ambillah peluang ini untuk solat sunat gerhana matahari (solat kusuf) untuk kebaikan bersama.

Cara Solat Gerhana

Hikmah Gerhana Matahari

Di antara hikmah dan sebab terjadinya Gerhana Matahari dan Bulan adalah, sebagaimana yang telah dijelaskan oleh para Ulama.

1# Untuk mengingatkan orang-orang Kafir yang menyembah Matahari dan Bulan, bahwa keduanya adalah makhluk biasa yang tidak memiliki kekuatan apapun, dengan bukti bahwa dapat terjadi Gerhana pada keduanya.

2# Peringatan dari Allah SWT untuk para hambaNya agar kembali taat kepadaNya dengan menahan sinar Matahari dan Bulan, kerana sinar Matahari dan Bulan jika ditahan maka niscaya tidak tumbuh pepohonan.

3# Allah SWT menampakkan keagunganNya kepada seluruh makhluk ciptaanNya, dan karena Matahari serta Bulan tidak mampu menahannya maka terjadi perubahan (Gerhana)

4# Para Malaikat berterbangan di lautan dan di langit, dan jika sinar Matahari atau Bulan tertutupi oleh Mereka maka tampak terjadinya perubahan pada Matahari dan Bulan.

(Fiqhul Ibadat, Sayyid Muhammad Amin BSA, Juz 2 Hal 224, Pustaka BSA)

Justeru, kami pohon kehadrat-Mu ya Allah, tetapkanlah iman kami, tingkatkanlah amal kami, kukuhkanlah perpaduan kami, murhakanlah rezeki kami, kayakanlah kami dengan ilmu yang bermanfaat, suburkanlah jiwa kami dengan budi pekerti yang mulia, kembalikanlah kami ke jalan yang Engkau redhai, lindungilah kami daripada ujian-Mu yang berat seperti kemarau panjang, banjir besar, wabak penyakit, persengketaan, kemiskinan dan lainlain supaya dengan demikian, negeri kami akan sentiasa bertambah makmur dan berkat

JMR

Yo, it's me, JMR!

View all posts by JMR →

2 thoughts on “Hikmah Dan Sebab Terjadinya Gerhana Matahari Dan Bulan.

  1. antara kejadiaan alam yang amat menakjub…

    melihat kejadian seperti ini menerbitkan rasa insaf yang mendalam..

    bayangkan kalau matahari terus berhenti bersinar atau bulan keluar dari orbitnya..

    jadi huru hara dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *